image1 image2 image3 image4 image5 image6 image6

AHLAN WA SAHLAN|SELAMAT BERGABUNG BERSAMA KAMI|RA ISLAMIYAH BENGKULU|SOLUSI PENDIDIKAN ANAK ISLAMI MASA KINI BERBASIS MODERN|MEMBENTUK GENERASI ISLAMI|BERAKHLAK, CERDAS, KREATIF PENUH IMAN DAN TAQWA|PENDIDIKAN TERINTEGRASI ANTARA IMTAQ DAN IPTEK|MEMBIASAKAN PRILAKU ISLAMI DI SETIAP LINGKUNGAN|SUASANA BELAJAR AKTIF, KREATIF, INOVATIF DAN MENYENANGKAN|BERPRESTASI DALAM BIDANG KURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER|SEKOLAH UNGGULAN DAN BERSTANDAR INTERNASIONAL

KEMERIAHAN HUT RI KE-72 RA ISLAMIYAH KOTA BENGKULU

Add caption

Senam Bersama Bunda-Bunda RA Islamiyah

























































































































































































































Perkembangan Fisik/Motorik Masa Balita (Usia 4 – 6 tahun)

  Anak-anak pada usia prasekolah mengkonsolidasi dan mengalami kemajuan dalam keteramplian fisik yang telah dikembangkannya ditahun-tahun awal. Tantangan koordinasi yang sebelum ini dihindarinya, seperti melompat dengan satu kaki, melompat dengan dua kaki diangkat bersama, dan menjaga keseimbangan sekarang dapat dilakukannya dan dia berusaha melakukan banyak aktivitas.
a. Transformasi fisik
   Alasan utama penyebab kematangan keterampilan bergerak ini adalah perubahan fisik yang penting terjadi antara usia 2,5 dan 5 tahun. Tinggi tubuh anak-anak bertambah sekitar 8 cm lebih tinggi setiap tahunnya dan berat badannya bertambah sekitar 3 kg. Ukuran kepalanya menjadi lebih kecil dibandingkan dengan bagian badan yang lain, dan wajahnya menjadi lebih besar dalam persiapan untuk mengoordinasi rangkaian gigi kedua yang akan muncul dalam beberapa tahun. Perubahan neorologi terjadi dalam otak, tulang belakang dan juga sistem saraf.
b. Perkembangan gerakan
  Keterampilan fisik anak menjadi semakin baik. Pada usia ini anak amat senang menggunakan keterampilan motoiknya yang semakin baik, bahkan ketika aktivitas itu berbahaya.
c. Takut-takut
   Beberapa anak mempunyai sifat takut-takut dan tidak berani menjajaki uang yang terbuka lebar di taman atau berpetualang ditaman bermain. Hal ini akan menghilangkan kesempatan anak untuk menikmati aneka macam aktivitas yang menstimulasi.
d. Perkembangan koordinasi tangan-mata
   Ketika anak sedang melewati tahun-tahun prasekolah, pengendalian tangan menjadi semakin penting, bukan hanya karena kendali itu membantunnya menjadi lebih mandiri, tetapi juga karena ada kaitannya dengan pemecahan masalah dan untuk belajar.
e. Proses kematangan
  Kemajuan anak dalam koordinasi tangan-mata tergantung pada interaksi antara stimulasi dan dorongan yang diterimanya setiap hari, perkembangan fisik dan sarafnya, dan motivasinya. Tiga dimensi yang berbeda ini perlu diseimbangkan dengan hati-hati sebelum dia dapat bergerak dari satu tahap ke tahap berikutnya. Secara khusus, anak tidak akan mampu menulis seperti anak berumur 5 tahun ketika dia berumur 3 tahun, tidak peduli betapa kerasnya usaha karena kematangan otot dan sarafnya memang belum memadai untuk melakukan gerakan tangan yang demikian halus.
f. Penggunaan cat atau krayon
  Anak lebih suka menggunakan cat daripada krayon, hal tersebut dikarenakan lebih mudah untuk membuat gambar berukuran besar dan berwarna-warni dengan menyapukan kuas daripada dengan sebatang krayon. Gambar tercipta dengan lebih cepat dengan cat. Selain itu tangkai kuas yang gemuk lebih mudah untuk dipegang dan tidak memerlukan kendali yang halus dengan jari.
g. Kiri atau kanan
   Pilihan anak untuk menggunakan tangan kiri atau tangan kanannya sudah terbentuk sepenuhnya pada waktu anak mulai sekolah, akan tetapi sebenarnya kita akan sudah mempunyai pilihan menggunakan tangan kanan atau kiri mulai dari sekitar umur 2 tahun.
h. Perbandingan
   Pada masa ini anak lebih banyak berbaur dengan anak-anak lain, baik teman-temannya yang datang ke rumah anda untuk bermain maupun bergabung dengan anak-anak lain di kelompok bermain. Dia membandingkan dirinya sendiri dengan teman-temannya.





Share this:

CONVERSATION