image1 image2 image3 image4 image5 image6 image6

AHLAN WA SAHLAN|SELAMAT BERGABUNG BERSAMA KAMI|RA ISLAMIYAH BENGKULU|SOLUSI PENDIDIKAN ANAK ISLAMI MASA KINI BERBASIS MODERN|MEMBENTUK GENERASI ISLAMI|BERAKHLAK, CERDAS, KREATIF PENUH IMAN DAN TAQWA|PENDIDIKAN TERINTEGRASI ANTARA IMTAQ DAN IPTEK|MEMBIASAKAN PRILAKU ISLAMI DI SETIAP LINGKUNGAN|SUASANA BELAJAR AKTIF, KREATIF, INOVATIF DAN MENYENANGKAN|BERPRESTASI DALAM BIDANG KURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER|SEKOLAH UNGGULAN DAN BERSTANDAR INTERNASIONAL

Yuk Bermain offline Tinggalkan Online

Ayah bunda pasti sangat bahagia kalau buah hati bisa duduk tenang menikmati sesuatu dan tidak lagi mengganggu pekerjaan kita, namun ayah bunda hati-hati jangan sampai terjebak dengan cara-cara sederhana membuat anak tenang, seperti dengan memberikannya game, handphone dan lain sebagainya yang tidak mendidik mereka dengan baik, yuk simak beberapa permainan ini yang dapat juga meningkatkan kecerdasan bagi mereka.

Pemainan papan klasik seperti catur, monopoli, ular tangga dan Scrabble ternyata mempunyai segudang manfaat luar biasa bagi perkembangan kecerdasan anak. 
Selain menyenangkan, permainan tersebut juga mengajarkan anak-anak Anda mengasah keterampilan strategi, membedakan warna, kerja sama tim serta berguna untuk mempererat hubungan dengan anggota keluarga dan teman-temannya.
Seperti kita tahu, dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat saat ini, anak-anak sekarang cenderung menghabiskan waktunya untuk bermain dengan gadget mereka ketimbang bermain bersama teman-temannya. 
Bahkan, sebagian besar anak mungkin tidak mengenal jenis-jenis permainan tradisional termasuk permainan papan. Oleh karena itu, ada baiknya mulai sekarang Anda mencoba mengenalkan anak Anda tentang permainan papan klasik tersebut yang tak kalah mengasyikkan dan seru.

Manfaat permainan papan bagi anak
1. Meningkatkan interaksi sosial
Dengan permainan papan, anak Anda akan lebih sering berinteraksi dengan teman-temannya atau anggota keluarga. Di zaman serba gadget saat ini, anak Anda perlu mengasah keterampilan komunikasi dengan orang-orang sekitar dan tidak hanya bergantung pada gadgetnya.
2. Mengasah keterampilan
Bermain permainan papan bisa lebih dari sekedar menyenangkan. Permainan ini merupakan cara yang bagus untuk menguji kecerdasan individu, strategi dan keterampilan. Selain itu, anak Anda akan dilatih untuk memahami dan bereaksi terhadap situasi yang berbeda. Inilah kuncinya.
Terlebih lagi, anak Anda akan belajar tentang warna, bentuk, dan angka dengan cepat ketika mereka memainkan game sederhana ini.
3. Mengenalkan pelajaran hidup
Permainan ular tangga akan mengajarkan anak Anda berhitung. Demikian pula dengan permainan Monopoli yang mengasah keterampilan strategi dan menggunakan uang secara bijak. Sedangkan permainan seperti Scrabble dan soduku bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan bahasa dan matematika pada anak.
4. Kemampuan pemecahan masalah
Kemampuan pemecahan masalah merupakan keterampilan penting bagi setiap anak. Namun jangan salah, permainan papan juga bisa berguna untuk mengasah kemampuan anak Anda dalam menghadapi dan mengatasi masalah.
Misalnya, saat bermain monopoli, ada kalanya seorang pemain akan mengalami kebangkrutan dan dililit hutang. Nah, pada saat itulah anak Anda akan belajar bagaimana cara bangkit dan bisa melunasi hutang-hutang mereka.

Share this:

CONVERSATION